Breaking News

Rantai Makanan Pada Ekosistem Laut

rantai makanan pada ekosistem laut?

Jawaban

Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan antara sesama makhluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam rantai makanan, ada organisme yang berperan sebagai produsen, konsumen, dan dekomposer atau pengurai. Rantai makanan ekosistem laut memiliki siklus yang sama seperti rantai makanan yang ada di daratan maupun di sungai, di mana siklus makan dimakan terjadi yang kemudian diuraikan oleh dekomposer atau pengurai.
Pada ekosistem laut, organisme yang menjadi komponen rantai makanannya adalah :
1. Fitoplankton, memiliki peran sebagai penyedia makanan atau produsen. Ukuran fitoplankton sangatlah kecil dan hidunya melayang di lautan. Organisme ini juga bisa melakukan fotosintesis karena memiliki klorofil.
2. Zooplankton, merupakan hewan yang ukurannya sangat kecil dan hidupnya melayang bebas di lautan. Zooplankton adalah konsumen tingkat satu karena Zooplankton memakan Fitoplankton.
3. Predator: pada rantai makanan ekosistem laut, predator menempati posisi konsumen puncak, karena berada di posisi paling tinggi. Contohnya adalah ikan paus pembunuh yang tak hanya memakan ikan besar, namun juga kelompok ikan kecil sekaligus.
4. Dekomposer atau pengurai menepati posisi terakhir dalam suatu rantai makanan, karena pada organisme predator yang tak memiliki musuh alami yang menjadikannya target makanan, maka organisme itu saat mati akan diuraikan oleh pengurai atau dekomposer.

BACA JUGA  selain membawa payung saat hujan, kita juga bisa memakai …

Maka, rantai makanan ekosistem laut adalah :
Fitoplankton – zooplankton – ikan kecil – paus pembunuh – pengurai.

 

 

 

BACA JUGA  . B – 1.456 = 975 Bilangan yang tepat guna mengisi huruf B tersebut yaitu

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer:

Jawaban yang disediakan di atas hanya untuk digunakan oleh orang tua siswa dalam memandu proses belajar online anak.

BACA JUGA  Nabi Yakub Mengajak Umatnya Untuk

Soal diatas berupa pertanyaan yang terbuka artinya banyak jawaban tidak terpaku seperti di atas.